Avanza-Touring-01-640x420_c

Tips Mengatasi Toyota Avanza Sering Limbung

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Tips Mengatasi Toyota Avanza Sering LimbungSalah satu kelebihan Toyota Avanza dibanding mobil-mobil lain adalah harganya yang relatif terjangkau. Hal itu juga yang jadi salah satu alasan mengapa mobil ini menguasai pasar roda roda empat Tanah Air.

Meski demikian, tentu kualitas yang didapatkan setara dengan harga yang ditawarkan tersebut. Ada beberapa kelemahan dari mobil ini. Atau dengan kata lain, konsumen tidak akan mendapatkan kualitas yang prima. Salah satunya adalah soal shock.

Dalam berbagai forum di internet, banyak pengguna mengeluhkan mobil sejuta umat ini mudah limbung saat dikemudikan dalam kecepatan tinggi, tetapi di sisi lain terlalu empuk di kecepatan rendah.

Ardiansyah, service manager PT Setiajaya Mobilindo, dealer resmi Toyota di Depok, Jawa Barat, mengatakan bahwa keluhan tersebut sebetulnya wajar, mengingat harga yang harus dibayar untuk mendapatkan satu unit Avanza hanya sekira Rp 200 juta.

“Karena sebetulnya Avanza itu kan mobil ekonomis, pembuatannya juga dibuat ekonomis. Ia memperhatikan efisiensi. Umumnya yang mengeluh punya tuntutan tinggi,” ujar Ardi kepada Liputan6.com belum lama ini.

Ia menyebut, penyebab mobil ini limbung berasal dari shock (shockbreaker). Untuk diketahui, lingkaran shock Avanza memang relatif lebar, sehingga kurang mampu menopang beban dengan baik. Meski begitu, kasus ini sangat situasional.

“Penyebabnya shock. Tapi situasional juga. Misalnya limbung kalau beratnya tidak sesuai. Bisa juga karena tekanan angin pada ban tidak pas, atau jalannya yang memang jelek dan bergelombang,” terang Ardiansyah.

Untuk mengatasi masalah ini, Ardiansyah mengatakan konsumen bisa mengganti shockstandar bawaan pabrik dengan produk aftermarket. Jika shock bawaan Avanza cenderung lembut, maka gantinya harus yang relatif keras,” tutupnya.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .