matic

Tips Merawat Transmisi Mobil Matic

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Tips Merawat Transmisi Mobil Matic| Mobil bertransmisi otomatis kini menjadi pilihan banyak orang. Maklum, bagi para pemakainya, transmisi ini menawarkan kenyamanan yang lebih. Namun, jika bermasalah perbaikan peranti transmisi tersebut juga mahal, karena itu bagi Anda penggunanya perlu memahami cara perawatannya.

Kepala Mekanik Sakti Motor Cipondoh Tangerang, Nanang menuturkan sejatinya perawatan transmisi otomatis itu cukup mudah.

“Kuncinya perlakuan terhadap transmisi itu. Memahami cara kerjanya, penggantian oli secara rutin. Itu saja yang penting,” tuturnya saat dihubungi detikOto, Jumat (19/12/2014).

Lantas seperti apa perlakuan itu? Berikut tips dari Nanang :

1. Ganti oli transmisi tepat waktu

Sistem kerja transmisi otomatis menggunakan tekanan fluida. Sehingga oli menjadi sangat penting. Penggantian oli yang tak tepat sangat berpotensi menjadikan kopling slip.

Terlebih jumlah kanvas kopling di transmisi ini juga sangat banyak. Jumlah kanvas yang banyak menjadikan potensi terjadinya serbuk hasil gesekan kanvas juga tinggi. Serbuk itu akan menyumbat filter oli, walhasil kopling pun slip.

Oleh karena itu, mengganti oli transmisi secara rutin sesuai rekomendasi pabrikan wajib hukumnya. Gunakan oli transmisi yang sesuai.

2. Posisikan tuas secara tepat

Selama ini banyak orang yang lupa atau malas memposisikan tuas transmisi ke posisi netral atau N, saat mobil berhenti depan lampu isyarat lalu lintas atau terjebak kemacetan.

Padahal, dengan membiarkan tuas di posisi Drive atau D, berarti membiarkan kanvas kopling transmisi terus bergesekan.

Akibatnya, kanvas cepat aus. Dengan kata lain, transmisi otomatis mobil pun cepat rusak.

3. Jangan sering melakukan engine brake

Ini seperti tak memindahkan posisi tuas dari D ke N saat berhenti di depan lampu isyarat lalu lintas atau kemacetan. Tetapi engine brake yang dimaksud di sini adalah, menggunakan transmisi menahan laju mobil untuk menggantikan rem, saat mobil di tanjakan dan harus berhenti sejenak.

4. Hindari tancap gas dengan tiba-tiba

Jika Anda ingin melakukan akselerasi mobil karena ingin menggebernya, jangan melakukannya dengan tiba-tiba. Artinya, jangan langsung menginjak pedal gas dalam-dalam sesaat setelah berhenti.

Soalnya, sistem di perangkat transmisi otomatis membutuhkan waktu beberapa detik untuk menghasilkan tekanan fluida atau tekanan dari oli ke converter torsi. Walhasil, bila proses peralihan tekanan itu belum selesai dilakukan dan sudah ada tekanan yang lebih besar, maka katup solenoid akan cepat aus.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .