NISSAN ALL NEW XTRAIL

Tips Sebelum Membeli Mobil SUV

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Tips Sebelum Membeli Mobil SUV | SUV disebut sebagai mobil yang memiliki karakter kuat di berbagai medan. Namun di luar kebutuhan yang diharapkan, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini, kini mulai cenderung dekat dengan identitas gaya hidup.

Dulu konsumen mengenal mobil tipe ini dengan sebutan Jip atau Jeep, yang mampu menjelajah di medan off-road. Kini SUV pun terbilang akrab diaplikasikan sebagai pilihan umum di medan perkotaan.

Secara desain, SUV yang kini menjadi prioritas pilihan konsumen, tetap mewakili akan karakter khas yang telah lama dimilikinya. Tidak ubahnya seperti jenis Jip terdahulu, beragam aspek kebanggan mengedepankan bentuk desain gagah serta unsur fleksibel tetap menjadi ciri khas utamanya.

Sebagai konsumen yang akan menjadikan SUV sebagai pilihan, Anda perlu memahami berbagai hal yang berkaitan dengan SUV idaman Anda. Terlebih saat ini tercatat lebih dari puluhan model SUV yang ditawarkan Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia.

1. Ukuran SUV

Pada dasarnya SUV yang beredar di pasar nasional terbagi dalam tiga kategori, yaitu compact, mid-size dan full size

2. Harga

Compact SUV adalah tipe yang mempunyai varian standar dan harga yang terjangkau (di bawah Rp 500 juta). Sedangkan pada tipe mid-size dan full-size, rentang harganya mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar.

3. Mesin

Compact SUV dan mid-size SUV biasanya menawarkan mesin empat atau enam silinder. Sedangkan full-size SUV biasanya mengusung mesin V8 yang powerful. Tentu saja semakin banyak silinder, maka volume ruang bakar makin besar dan konsumsi bahan bakar pun semakin banyak.

4. Keamanan

Mid-size dan full-size SUV umumnya dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Compact SUV punya sistem keamanan setingkat lebih sederhana. Meskipun secara statistik SUV lebih aman dibanding sedan, resiko SUV terguling justru lebih besar.

5. Fitur

Kebanyakan SUV compact tidaklah mewah, kenyamanan penumpang bertumpu pada perangkat audio sistem dan jok kulit. SUV kecil ini lebih mengedepankan kepraktisan. Dua kategori lainnya, menawarkan derajat kemewahan dan kenyamanan hingga setara dengan sedan mewah.

6. Interior

Semua SUV dirancang minimal untuk lima penumpang. Bahkan untuk kategori mid dan full-size ada yang menawarkan tiga kursi tambahan hingga mampu memuat delapan penumpang. Meskipun punya daya angkut penumpang yang sama, tapi derajat kenyamanan compact SUV sulit menyamai mid dan full-size SUV.

7. Bagasi

Semua SUV menawarkan kursi baris kedua yang bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi. Bila kursi dilipat, ruang kargo bisa naik hingga dua kali lipat. Daya angkut barang pada SUV bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan roofrack.

8. Car-based atau truck-based

Car-based SUV menggunakan sasis serupa sedan, punya platform yang sama dengan sedan dan lebih nyaman digunakan di jalan raya. Di sisi lain, truck-based SUV dicirikan dengan sasis baja seperti yang digunakan pada truk.

9. Sistem penggerak roda

2WD ( two wheel drive) artinya tenaga dari mesin hanya menggerakkan dua roda, depan atau belakang. Sistem ini memungkinkan pemilihan 2WD atau 4WD. Sedangkan, AWD (All wheel drive) memungkinkan kendaraan secara otomatis mendistribusikan power ke roda yang bertraksi lebih besar.

10. Biaya pengoperasian

Compact SUV paling kecil, ringan dan sistem penggerak rodanya tidak rumit. Biaya perawatan dan konsumsi bahan bakar lebih murah.

Sumber

Posted in Uncategorized and tagged .