sienta avanza

Komparasi Mesin Toyota Sienta Dengan Grand New Avanza

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Komparasi Mesin Toyota Sienta Dengan Grand New Avanza | Bingung mau memilih mobil MPV atau mobil keluarga antara Toyota Sienta atau Toyota Grand New Avanza? Seperti apa sih perbedaan mesin Toyota Sienta dengan Grand New Avanza?

Beberapa hari yang lalu, Toyota melakukan debut perdana di Indonesia Internationa Motor Show atau IIMS 2016 untuk mobil MPV terbaru dengan pintu geser yang menjadi pesaing terberat Honda Freed. Selain itu juga terungkap bahwa mesin New Toyota Sienta memiliki kapasitas yang sama dengan mesin Toyota Avanza terbaru yang sama-sama menggendong mesin 4 silinder, DOCH, dual VVT-i. dan seperti apakah perbedaan mesin Toyota Sienta dengan Toyota Avanza terbaru atau Grand New Avanza?

Perbandingan mesin Toyota Sienta dengan Toyota Grand New Avanza 2016

sienta putih2

Mobil keluarga dengan pintu geser, new Toyota Sienta dibekali dengan mesin 4 silinder, 1.497 cc, DOCH, dual VVT-I dengan kode mesin 2NR-FE. Yasin yang paling baru dan belum pernah digunakan pada mobil Toyota model lain yang dipasarkan di Indonesia.

Mesin baru yang dibawanya tersebut merupakan mesin yang diproduksi oleh pabrik Toyota yang baru selesai dibuat di Karawang, Jawa Barat, yang sukses dan telah diresmikan pada tanggal 8 Maret bulan lalu. Kabarnya, mesin itu masih satu keluarga dengan kode “NR” yang dipasangkan pada Toyota Sienta versi Jepang, namun memiliki perbedaan dalam spesifikasi.

Selain itu, mesin tersebut juga menggunakan bahan alaumunium sebagai material utama, sehingga diklaim bisa lebih ringan dan irit dalam mengkonsumsi bahan bakar ketika digunakan.

Di Indonesia kode mesin 2NR-FE yang dibekalkan pada Toyota Sienta memiliki spesifikasi “F” yang merujuk pada penggunaan dua camsoft atau DOCH (dual overhead camsoft) dan “E” yang berarti Electronic Fuel Injection (EFI). Sedangkan untuk Toyota Sienta yang dipasarkan di Jepang memiliki salah satu pilihan mesin, yakni 2NR-FKE. Kode FKE sendiri artinya mesin tersebut mengadopsi siklus Atkinson dan VVT-iE (Variable Valve Timing-intelligent by Electric Motor).

Untuk tenaga yang dihasilkan dari mesin yang dibawanya juga berbeda, di Indonesia mesin Toyota Sienta menghasilkan tenaga sebesar 105 tk dan torsi 140 Nm, sedangkan untuk konsumen Toyota Sienta di Jepang sedikit mendapatkan tenaga yang lebih besar, yakni 109 tk, namun torsi lebih rendah, yakni 136 Nm.

Disamping itu, perbedaan lain juga bisa ditemukan pada pilihan transmisi. Toyota Sienta yang dijual di Jepang hanya dibekali dengan transmisi CVT, sedangkan New Sienta di Indonesia tersedia dua pilihan transmisi, yakni CVT dan Toyota Sienta manual 6 percepatan.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi mesin Toyota Grand New Avanza? Berikut sedikit ulasan mengenai mesin yang digendong Grand New Avanza.

grand avanza3

Saat Grand New Avanza resmi diluncurkan pada tanggal 12 Agustus 2015 yang lalu, Toyota memberikan perubahan diberbagai banyak sektor termasuk pada bagian mesin yang salah satunya sekarang menggunakan mesin 4 silinder, 1.496 cc (selisih 1 cc dengan mesin yang digunakan New Sienta), DOCH, dual VVTi dengan kode 2NR-VE.

Perbedaan paling mendasar antara mesin Grand New Avanza dengan Toyota Sienta yaitu, mesin Toyota Avanza dikembangkan serta diproduksi oleh Daihatsu. Sedangkan mesin yang dibenamkan pada Toyota Sienta merupakan mesin terbaru dan dibuat langsung oleh Toyota Indonesia.

Disamping itu, mesin Toyota Avanza terbaru masing menggunakan bahan besi baja biasa, sedangkan untuk New Sienta sudah menggunakan aluminium yang tentunya lebih ringan jika dibandingkan dengan mesin yang digendong Toyota Grand New Avanza.

Jika ditelusuri lebih lanjut, mesin Toyota Avanza generasi tebaru yang menggunakan kode 2NR-VE merupakan mesin pengganti Toyota Avanza yang lama, yaitu 1.5 liter 3SZ-VE yang secara langsung merupakan nama yang diberikan oleh Daihatsu.

Iwan Abdurrahman selaku Technical Service Division Toyota Astra Motor juga mengungkapkan, perbandingan kondisi mesin untuk MPV terbaru Toyota dengan pintu geser, Toyota Sienta untuk Indonesia  dengan Toyota Avanza terbaru atau Grand New Avanza mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. Meskipun blok mesin secara kasat mata terlihat sama, namun bisa dipastikan komposisi komponennya berbeda, misalnya posisi saringan oli, altenator, dan juga koil.

Untuk prinsip kinerja mesin juga serupa, namun memiliki desain yang berbeda. Perbedaan yang paling mencolok lainnya antara mesin Sienta dengan Grand New Avanza adalah, mesin Toyota Sienta menghadap ke depan, sebab memiliki penggerak roda depan, sedangkan mesin Toyota Grand New Avanza menghadap ke belakang karena yang digerakkan oleh mesin adalah roda belakang.

Untuk harga masing-masing antara Toyota Sienta maupun Grand New Avanza bisa klik link di bawah ini :

Itulah sedikit ulasan mengenai perbandingan atau perbedaan mesin Toyota Sienta dan Toyota Grand New Avanza. Semoga menjadi refrensi bagi Anda yang saat ini buingung memilih mobil MPV yang bagus antara Toyota Sienta dengan Toyota Avanza terbaru.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , , .