mudik 2016.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mobil Baru Dipakai Mudik

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mobil Baru Dipakai Mudik | Penjualan mobil baru pada saat bulan Ramadhan atau menjelang Lebaran biasanya mengalami peningkatan secara signifikan.

Mungkin sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, bahwa kebanyakan orang memanfaatkan momen seperti ini dikarenakan banyaknya promo-promo yang menggiurkan. Disamping itu, membeli mobil baru pada saat menjelang Lebaran selain memafaatkan promo mobil murah juga bisa sekaligus dijadikan sebagai alat transportasi untuk mudik ke kampong halaman.

Lalu bagaimana dengan masa inreyen atau break-in kendaraan, apakah mobil baru akan aman bila langsung digunakan untuk mudik Lebaran dengan mengangkut banyak barang atau penumpang, bahkan untuk perjalanan jauh dengan kapasitas muat yang terkadang melebihi aturan yang telah ditetepkan dalam buku panduan?

Dan apa sajakah yang perlu diperhatikan agar mobil baru aman digunakan untuk mudik ke kampung halaman?

Guna menjawab ini, Arifani Perbowo, Logostic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia (KMI), mengatakan sebenarnya tidak ada masalah tapi tetap harus memperhatikan beberapa hal.

Memang sudah jadi tradisi, beli mobil baru langung dipakai mudik, dari sisi mesin sebenarnya aman-aman saja tidak ada masalah dengan inreyen, tapi yang harus diperhatikan adalah faktor ban,” kata Arifani kepada Otomania, Sabtu (4/6/2016).

Arifani menjelaskan, selama mobil di diler ban itu lebih banyak diam, artinya tidak pernah kena aspal atau panas.

Alasan ini membuat ban butuh penyesuaian saat akan digunakan, baik dari elastisitasnya sampai temperatur suhunya.

Kompon ban mobil baru belum terlalu elastis, jadi saat mobil baru digunakan sebaiknya tidak langsung dalam kecepatan tinggi.

Apalagi saat mudik biasanya kecenderungan bobot kendaraan akan bertambah karena banyak yang membawa barang berlebih.

Baiknya jaga kecepatan dibawah 100 kpj, apalagi saat melintasi tol. Efek paling buruk bila ban baru belum mendapat suhu yang tepat dan elastisitas yang baik adalah ban bisa pecah, atau usia pakai akan lebih pendek,” kata Arifani.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan mobil baru dan dipakai untuk mudik lebaran ke kampung halaman.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .