awd,4wd

Mengenal Tipe Penggerak Roda Mobil

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Mengenal Tipe Penggerak Roda Mobil  | Banyak orang yang akan membeli mobil namun tidak benar-benar tahu dengan fitur penting yang patut dipertimbangkan saat membelinya. Sebelum memilih mobil yang Anda inginkan, pastikan untuk mengenali terlebih dahulu kebutuhan Anda dan fitur seperti apa yang sesuai untuk Anda.

Salah satu yang patut menjadi pertimbangan adalah jenis penggerak roda yang ada pada sebuah mobil. Ada empat jenis penggerak roda mobil, yaitu front-wheel drive, rear-wheel drive, all-wheel drive, dan four wheel drive. Keempat penggerak roda ini merespon kondisi jalanan licin dengan cara yang berbeda. Karena itu, ada baiknya jika Anda mempelajari serba-serbi penggerak roda mobil terlebih dahulu.

Front-wheel drive (FWD)

Sesuai dengan namanya, sistem ini menyalurkan tenaga dari mesin ke penggerak depan untuk melajukan mobil. Sistem yang banyak ditemukan pada mobil Chevrolet ini mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar karena tatanannya yang rapi. Tidak hanya itu saja, powertrain yang berkonsentrasi di roda kemudi akan menghasilkan traksi yang lebih baik saat melintas di jalanan licin.

Untuk Anda yang menyukai kendaraan SUV tangguh dan bertenaga type FWD seperti Chevrolet Captiva, saat ini Chevrolet tengah menawarkan promo yang sangat menarik, yaitu gratis 48 bulan asuransi kendaraan all-risk yang akan memastikan keamanan dan kenyamanan Anda berkendara. Selain itu, jika Anda lebih menyukai kendaraan tipe MPV untuk keluarga, Chevrolet menawarkan asuransi kendaraan all-risk 36 bulan untuk Chevrolet Spin. Kedua promo ini hanya berlaku sampai 31 Maret 2015.

Rear-wheel drive (RWD)

Sistem yang yang satu ini masih banyak digunakan sebelum ditemukannya sistem FWD di awal tahun 1980-an. Sistem yang banyak digunakan pada kendaraan bertenaga besar seperti truk, mobil balap atau mobil polisi ini memfokuskan tenaga mesin ke roda belakang. RWD memang lebih efektif menunjang performa mesin dan bobot kendaraan yang lebih besar.

All-wheel drive (AWD)

All-wheel drive dengan four-wheel drive melibatkan empat roda, namun keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Sistem AWD pada Chevrolet bekerja dengan mendistribusikan tenaga ke as depan dan belakang untuk mencegah selip. Tenaga kemudian disalurkan secara otomatis lewat transfer case berkecepatan tunggal. Kelebihannya, pengemudi tidak perlu repot mengaktifkan sistem ini. Itulah mengapa AWD menjadi primadona bagi pengemudi yang banyak melintas di jalanan berumput, lumpur, pasir, bahkan kerikil yang biasanya membuat mobil dengan FWD atau RWD tersangkut. Chevrolet menghadirkan sistem penggerak AWD dengan teknologi baru di beberapa variannya.

Four-wheel drive (4WD atau 4×4)

Sistem penggerak terakhir adalah four-wheel drive. Mobil dengan sistem ini menggunakan transfer case dua kecepatang. Sama seperti all-wheel drive, kendaraan ini beroperasi dengan dua sistem. Kendaraan dengan sistem ini biasanya akan beroperasi dengan sistem RWD sampai kondisi membutuhkan perpindahan ke sistem 4WD.(kpl/tet)

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .