kampas rem

Empat Jenis Kampas Rem Untuk Kendaraan

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Empat Jenis Kampas Rem Untuk Kendaraan | Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana pemilihan kampas rem. Berikut adalah tips memilih kampas rem sesuai kebutuhan.

Pengereman adalah salah satu poin penting dari sebuah kendaraan. untuk keselamatan ber­kendara. Rem cakram tak akan berfungsi dengan baik tanpa pemahaman akan kampas. Alih-alih mendapatkan pengereman yang baik, salah memilih kampas malah bisa membuat kendaraan Anda tak mampu melakukan deselerasi dengan baik.

Ketahui tanda-tanda peringatan kampas rem mulai aus atau habis, seperti suara bernada tinggi memekik pada rotor, kendaraan menarik ke satu sisi saat pedal rem di injak , rem begetar saat digunakan, atau pedal rem kehilangan tekanan berbeda dari biasanya saat digunakan. Jika mobil Anda mengalami salah satu tanda-tanda peringatan tersebut, mungkin sudah waktunya anda menganti kampas rem.

“Hampir kebanyakan orang berpikir bahwa temperatur adalah tingkat kepakeman dari kampas rem. Artinya, makin panas akan semakin bagus kinerjanya. Padahal tidak. Jika ingin mengetahui initial bite atau gigitan awal, itu bisa dilihat dari freaktion jangan lihat dari temperatur”, ucap Dalvin, punggawa dari CK Motorsport.Dan kampas rem yang di pakai untuk kompetisi atau race memiliki bahan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Namun,ketika dilihat secara fisik bentuknya memang serupa hanya bisa dirasakan ketika kampas rem sudah terpasang. Hal tersebut bisa dilihat dari spesifikasi mengenai temperatur kerja dan friksi dari kampas rem tersebut.

Empat jenis kampas rem untuk kendaraan Anda

1 Semi-metalik kampas rem yang sangat tahan lama, memiliki transfer panas yang sangat baik, tetapi tingkat keausan rotor sedikit lebih cepat dibandingkan tipe lain.

2 Non-asbes organik, lebih lunak, kampas rem tidak bunyi, kampas rem cenderung lebih cepat habis .

3 Non-asbes organik dengan kandungan metal yang rendah, transfer panas yang lebih baik tapi bisa menjadi sedikit bunyi daripada kampas rem non asbestos yang reguler karena masih ada kandungan logamnya

4 Keramik, harga kampas rem lebih mahal, biasanya bersih dan tidak bunyi dan memberikan karakteristik pengereman cukup tanpa merusak rotor.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .