komparasi

Salah Satu Alasan Kenapa Mobil Jenis City Car Menjadi Pilihan

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Salah Satu Alasan Kenapa Mobil Jenis City Car Menjadi Pilihan | Kondisi lalu lintas kota besar yang ramai dan padat, seperti di Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia, memang menuntut kita untuk berkendara lebih cermat. Selain itu, kendaraan yang kompak dan lincah juga cukup membantu untuk melewati jalanan yang cenderung ramai. Itulah mengapa mobil dengan jenis city car atau compact hatchback cukup digemari.

Selain itu, mobil dengan jenis ini cenderung irit bahan bakar dan cocok menunjang aktifitas harian. Tak heran jika kemudian di kelas LCGC, mobil jenis mobil city car yang paling banyak dibidik. Dan berikut ini beberapa alasan orang lebih memilih city car sebagai mobil harian mereka.

brio

#1 Gesit dan Lincah Dikemudikan
Mobil city car memang identik dengan ukuran yang kompak, bobot yang ringan serta mesin dengan tarikan bawah yang responsif. Dengan karakter demikian, maka mobil jenis ini cukup gesit untuk digunakan saat melewati jalan yang ramai dan menuntut pengendara mengemudi dengan style stop-and-go.

Saat Di area yang kecil, seperti di parkiran gedung mall atau perkantoran, mobil city car juga mudah diajak bermanuver dan tidak membutuhkan space parkir yang luas. Sehingga saat akan masuk ke area parkir jadi lebih mudah tanpa harus khawatir dengan adanya ekor mobil atau dimensi yang terlalu panjang dan sulit berbelok ke lahan parkir.

#2 Irit Bahan Bakar
Mobil kecil seperti city car cenderung memiliki kapasitas mesin yang kecil. Umumnya berkisar antara 1.000 cc hingga 1.500 cc. Dengan kapasitas tersebut, ditambah dengan bobot yang relatif ringan, maka tak heran jika kemudian konsumsi BBM yang dibutuhkan mobil jenis ini cenderung lebih sedikit dibandingkan mobil yang lebih besar. Bahkan ada beberapa city car yang dalam pemakaian hariannya mampu mencapai angka 14 hingga 16 km/liter dalam lalu lintas dan pemakaian normal.

#3 Lebih Ekonomis
Mobil kecil biasanya memiliki teknologi yang standar saja. Lihat saja mobil yang masuk kategori LCGC (Low Cost Green Car), cenderung tidak ada teknologi yang canggih disematkan. Dampaknya, mobil city car cenderung memiliki harga jual yang lebih terjangkau dibandingkan mobil dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, konsumsi BBM yang irit, membuat mobil ini memiliki angka operasional yang tentunya lebih ekonomis.

Meski demikian, ada pula mobil dengan jenis city car yang sudah mengusung teknologi terbaru dan cukup canggih. Contohnya Honda Brio Satya terbaru yang sudah mengusung CVT dan segudang fitur lainnya. Tapi tentu saja dengan tambahan teknologi tersebut, harga mobil city car seperti ini berada di kelas yang lebih tinggi dibandingkan city car LCGC lainnya.

#4 Cukup Aman
Meski memiliki dimensi yang kecil dan body yang terlihat ringkih, mobil city car tentu sudah diperhitungkan tingkat keamanannya untuk penggunaan dalam kota. Sedikitnya mobil city car yang baik sudah memiliki airbag pengemudi. Pun demikian, tak sedikit city car yang sudah mengusung dual airbag, side impact, ABS dan juga immobilizer untuk menghindari pencurian.

Alasan-alasan di atas yang membuat mobil dengan jenis city car laris diminati konsumen. Bahkan mobil city car bekas juga cukup banyak diburu konsumen. Oleh karena itu, kalau sedang mencari mobil untuk aktifitas harian yang gesit dan hemat bbm, cobalah untuk melirik mobil dengan model city car.

Sumber

Posted in News and tagged , , .