marka jalan

Fungsi Markah Jalan Beserta Artinya

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN
Fungsi Markah Jalan Beserta Artinya | Banyak faktor yang perlu diperhatikan demi menjaga keselamatan pengendara. Mengenal dan mematuhi markah jalan merupakan salah satunya. Seseorang yang tidak mengenal atau mematuhi markah jalan dapat membahayakan dirinya sendiri maupun pengendara lain.

Markah jalan adalah tanda yang sering kita jumpai di permukaan jalan raya. Fungsinya untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas. Ada berbagai macam bentuk markah jalan yaitu meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong serta lambang lainnya. Masing-masing markah jalan tersebut memiliki arti yang berbeda. Berikut adalah jenis-jenis markah jalan beserta artinya.

marka garis membujur

Markah Garis Membujur
Markah tersebut adalah markah yang sejajar dengan sumbu jalan. Terdapat tiga jenis markah garis membujur yaitu markah garis membujur penuh atau tidak terputus, putus-putus dan kombinasi antara penuh dan terputus. Kita sering menjumpai markah garis membujur penuh di tempat yang mengandung bahaya atau tempat yang ramai. Ketika menjumpai markah ini, pengendara dilarang untuk melintasinya. Berbeda halnya ketika pengendara menjumpai markah garis membujur penuh, mereka diperbolehkan untuk berpindah jalur atau mendahului kendaraan lain. Sedangkan untuk markah garis membujur kombinasi penuh dan putus-putus, pengendara yang lebih dekat dengan markah penuh dilarang melintasi markah kombinasi dan sebaliknya.

marka garis melintang

Markah Garis Melintang
Markah ini adalah markah yang tegak lurus terhadap sumbu jalan. Fungsi dari markah ini yaitu untuk mengingatkan pengguna kendaraan untuk berhenti atau mengurangi kecepatan berkendara. Terdapat dua jenis markah garis melintang yaitu melintang utuh dan putus-putus. Markah garis melintang utuh berfungsi untuk menguatkan rambu stop. Sedangkan markah garis melintang putus-putus berfungsi untuk menguatkan rambu hati-hati.

marka-serong1

Markah Serong
Markah serong merupakan markah yang membentuk garis utuh namun markah ini tidak tergolong dalam markah membujur ataupun melintang. markah serong yang sering kita jumpai adalah markah yang menunjukkan bahwa akan ada pemisah arus jalan dari satu arus menjadi dua arus jalan atau penyatuan arus jalan dari dua arus menjadi satu arus jalan.

 

rambu-rambu

Markah Lambang
Kita sering menjumpai markah tersebut dalam bentuk berupa panah, segitiga maupun tulisan. Tanda-tanda tersebut berfungsi sebagai larangan, perintah, peringatan, bahkan juga sebagai penunjuk arah jalan ke suatu tempat.

Setelah mengenal markah jalan beserta artinya, mari mematuhi markah tersebut untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Sumber

Posted in News and tagged , , .