daihatsu-sigra-vs-datsun-go-panca

Komparasi Daihatsu Sigra VS Datsun Go+ Panca

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Komparasi Daihatsu Sigra VS Datsun Go+ Panca | Lahir sebagai MPV LCGC (low cost green car), efisiensi bahan bakar tentu menjadi salah satu sorotan konsumen. Kami pun telah mengetes dua MPV LCGC yakni Datsun GO+ Panca dan Daihatsu Sigra. Inilah perbandingan konsumsi bahan bakar Datsun GO+ Panca vs Daihatsu Sigra.

Sebelum membandingkan keduanya, kami perlu informasikan bahwa kedua MPV LCGC ini mempunyai transmisi yang berbeda. Datsun GO+ Panca menggunakan transmisi manual 5-speed, sedangkan Daihatsu Sigra yang kami tes mempunyai transmisi otomatis 4-speed. Seharusnya Datsun GO+ Panca bisa lebih irit.

Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar

Dari hasil pengetesan kami terbaru, Daihatsu Sigra untuk rute dalam kota mampu mencatatkan hasil 17.3 km/liter. Sementara untuk Datsun GO+ Panca rute dalam kotanya mencapai 13.3 km/liter. Sebuah hasil yang mengejutkan.

Sedangkan pada rute tol, Daihatsu Sigra sanggup mengonsumsi bahan bakar 20,5 km/liter. Datsun GO+ Panca mencapai hasil 19,8 km/liter. Selisihnya tidak sejauh pengetesan rute dalam kota meskipun Daihatsu Sigra terbukti lebih irit.

Keiritan Daihatsu Sigra terbantu teknologi terkini Dual VVT-i yang mampu mengoptimalkan kinerja mesin baik saat lalu lintas padat maupun lancar. Akankah dengan hasil ini Datsun GO+ Panca akan berbenah?

Perbandingan Akselerasi

Daihatsu Sigra dibekali mesin 1.197 cc 4-silinder dengan tenaga maksimum 88 dk dan torsi 108 Nm. Sementara Datsun GO+ Panca mempunyai mesin 1.198 cc 3-silinder bertenaga 68 dk dengan torsi 104 Nm. Diatas kertas, seharusnya Daihatsu Sigra lebih cepat soal akselerasi.

Dari hasil pengetesan akselerasi kami, 0-100 km/jam mampu ditempuh dalam waktu 14,3 detik untuk Daihatsu Sigra. Lantas bagaimana dengan Datsun GO+ Panca? Ternyata untuk 0-100 km/jam mampu dituntaskan 13,3 detik alias lebih cepat 1 detik.

Namun perlu dicatat bahwa kedua mobil yang sudah kami tes ini mempunyai transmisi yang berbeda. Datsun GO+ Panca yang telah kami uji tersebut menggunakan transmisi manual 5-speed penggerak roda depan. Sementara Daihatsu Sigra bertransmisi otomatis 4-percepatan berpenggerak roda depan.

Soal bobot juga punya pengaruh karena Datsun GO+ Panca beratnya hanya 812 kg. Sedangkan Daihatsu Sigra lebih berat dengan 990 kg. Dengan selisih sekitar 178 kg, tampaknya cukup berpengaruh membuat Daihatsu Sigra lebih lambat dari Datsun GO+ Panca.

Posted in Komparasi and tagged , , , , , , , .