BR-V VS Rush

Komparasi Lengkap Toyota Rush TRD VS Honda BR-V

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Komparasi Lengkap Toyota Rush TRD VS Honda BR-V | Sudah menjadi raja di segmen medium SUV sejak tahun 2006. Pada 2014 lalu, total penjualan MPV medium tercatat 55.293 dengan market share Rush 53,5% atau 29.609 unit. Seiring dengan perkembangan waktu, Toyota terus meningkatkan nilai mobil ini dengan melakukan beragam pembaruan di eksteriornya. Jurus facelift ini terakhir dilakukan pada Maret 2015 lalu.

Di sisi lain, Honda BR-V adalah prototipe crossover/SUV terbaru yang baru saja diluncurkan 20 Agustus 2015, di Gaikindo Indonesia International Auto Show. Produk ini mengusung desain yang lebih baru, sekaligus mengisyaratkan ketangguhan dan dinamika. Meski di GIIAS terlihat antrian untuk melakukan down payment (DP), Honda BR-V tentu belum teruji, baik kemampuannya maupun daya tariknya di mata konsumen.

Nah, guna menarik hati konsumen Honda BR-V tentu harus menawarkan sesuatu yang lebih dari Toyota Rush TRD Sportivo. Mampukah Honda BR-V Prestige memenangkan pertarungan ini? Oh iya, kami tidak akan membandingkan faktor selera (desain eksterior dan interior). Kami akan membandingkan berdasarkan spesifikasi teknis keduanya. Mobil melawan mobil, siapa yang akan keluar sebagai pemenang? Mari kita bahas.

Dimensi

Jika kita bandingkan dimensi Toyota Rush TRD Sportivo dengan Honda BR-V 1.5 L Prestige, maka Honda BRV lebih panjang, namun kalah lebar dan tinggi dari Rush. Sumbu roda Rush juga lebih panjang daripada Honda BR-V.

Menariknya, jarak pijak Honda BR-V 1.5L Sportivo lebih besar dari Toyota Rush. Jarak pijak lebar akan membuat mobil lebih “napak”, dan tidak limbung saat menikung. Apalagi jika mobil tersebut memiliki ground clearance tinggi.

Honda BR-V adalah 7-seater, sementara Toyota Rush 5-seater. Dari segi daya angkut penumpang, BR-V lebih unggul. Meskipun demikian, Anda bisa saja menjejalkan jok baris ketiga opsional. Tentu konsekuensinya ekstra ‘cash’ untuk menebusnya.

Nah, karena tidak memiliki jok baris ketiga, maka Toyota Rush memiliki ruang bagasi lebih luas dari Honda BR-V. Solusi bagi mereka yang membutuhkan tempat ekstra guna meletakkan barang berdimensi besar.

Dimensi Toyota Rush TRD Sportivo Honda BR-V 1.5 Prestige
Overall Panjang / Length 4.420 mm 4,455 mm
Overall Lebar / Width 1.745 mm 1,735 mm
Overall Tinggi / Height 1.740 mm 1,650 mm
Jarak Poros Roda / Wheelbase 2.685 mm 2,660 mm

 

Jarak Pijak / Tread (Depan/Front) 1.445 mm 1.500 mm
Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear) 1.480 mm 1.500 mm
Jarak Terendah / Ground Clearance 200 mm 209 mm
Radius Putar / Turning Radius 4,9
Berat Kosong / Curb Weight 1.200 mm

 

Mesin

Di sektor mesin. Keduanya memakai mesin berkubikasi seimbang. Rush dibekali mesin berkapasitas 1.495 cc, sementara Honda BR-V memakai mesin 1.496 cc. Walau hanya terpaut satu cc saja, namun tenaga yang dihasilkan keduanya terpaut jauh.

Toyota Rush bertenaga maksimal 109 PS pada 6.000 rpm, sementara Honda BR-V menghasilkan tenaga lebih besar, yakni 120 PS pada 6.600 rpm.

Torsi puncak Honda BR-V pun lebih besar dari Toyota Rush. Torsi puncak Rush TRD Sportivo sebesar 141 Nm pada 4.400 rpm, sementara BR-V mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm. Rupanya, tradisi keunggulan Honda di bidang performa mesin ketimbang Toyota masih terlihat di sini. Ya, mesin i-VTEC masih unggul dari dual VVT-i.

Mesin Toyota Rush TRD Sportivo Honda BR-V 1.5 Prestige
Kapasitas 1.495  cc 1.496 cc
Tenaga 109 PS/ 6.000 rpm 120 PS/6.600 rpm
Torsi 141 Nm/4.400 rpm 145 Nm/4.600 rpm
Trasmisi 4-Speed AT CVT

 

 

Perangkat Keselamatan
Salah satu pembaruan utama dari New Toyota Rush adalah aplikasi fitur keamanan New Rush yang jauh lebih lengkap, dan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Rush telah memakai dual airbag. Kedua mobil yang kami tarungkan di sini, menunjukkan komitmen besar untuk melindungi seluruh penumpang di dalam mobil.

Letak perbedaan keduanya bisa dilihat pada fitur tambahan di sektor pengereman. Toyota Rush tidak memakai EBD, sementara Honda BRV dilengkapi dengan EBD.

Fitur Keselamatan Toyota Rush TRD Sportivo Honda BR-V 1.5 Prestige
SRS Airbag Depan / Front SRS Airbag SRS Airbag Depan / Front SRS Airbag
Seat Belt Baris pertama / 1st Row Seat belt

Pretentioner & force limiter

Seat Belt Baris pertama / 1st Row Seat belt

Pretentioner & force limiter

ABS ABS + EBD
ISOFIX & Tether
G-CON ACE

 

Kaki-kaki

Pertarungan merebut hati konsumen beranjak ke kaki-kaki. Suspensi depan Toyota Rush mengandalkan Macpherson Strut. Sementara roda belakang ditopang 4linkwith coil spring.

Di sisi lain, Honda belum memberi kejelasan soal suspensi apa yang akan dipakai oleh BR-V. Pun demikian, kami meyakini spesifikasi suspensi BR-V tidak akan berbeda dengan milik Mobilio, yakni Macpherson Strut di depan, dan H-shape Torsion Beam. Jika dilihat dari spesifikasinya, maka keduanya akan menawarkan rasa pengendaraan yang sama, termasuk soal kenyamanan.

Suspensi Toyota Rush TRD Sportivo Honda BR-V 1.5 Prestige
Depan Macpherson Strut with Coil Spring & Stabilizer NA
Belakang 4 link with coil spring & lateral rod NA

 

Kesimpulan

Memilih siapa pemenang dari duel spesifikasi antara Honda BR-V dan Toyota Rush tentu tidak mudah. Toyota Rush lebih lebar, dan lebih tinggi dari Honda BR-V. Selain itu, daya tahan produk ini sudah sangat teruji.Honda BR-V membalas dengan mesin yang lebih bertenaga, dan bertorsi besar dari Toyota Rush. Honda BR-V juga memiliki kapasitas tujuh tempat duduk, dan ini lebih banyak dari Toyota Rush.

Nah, mampukah Honda BR-V mengalahkan Toyota Rush? Jawabnya tentu saja bisa, apalagi jika melihat spesifikasi yang dimiliki oleh Honda BR-V, dan Toyota harus benar-benar serius menghadapi kehadiran Honda BR-V.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , .