BR-V VS Rush

Perbandingan Fitur Unggulan Honda BRV, Rush, Terios, HR-V

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perbandingan Fitur Unggulan Honda BRV, Rush, Terios, HR-V | Salah satu kelebihan SUV dibanding segmen lain seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) adalah kemampuannya. Mobil ini tidak hanya dibangun sebagai kendaraan sehari-hari, tetapi juga untuk melintasi berbagai medan, termasuk off-road.

Untuk mendukung fungsi ini, SUV cenderung memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibanding segmen lain, serta torsi yang relatif besar. Bobot mobil pun lebih berat dibanding mobil penumpang lainnya.

Atas dasar fungsi pula, pabrikan cenderung terus mengembangkan teknologi SUV yang berkaitan dengan performa. Selain tentu desain yang semakin sporty dan peningkatan kenyamanan berkendara.

Kali ini, kami merangkum beberapa model yang termasuk dalam segmen Low SUV (LSUV) seperti Rush, Terios, BR-V, dan HR-V, empat model yang cukup digandrungi konsumen Tanah Air. Apa saja fitur unggulan mereka? Berikut ulasannnya:

Honda BR-V

honda BR-V 2

Honda BR-V pertama kali diperkenalkan ke publik pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus lalu. Unitnya sendiri baru dikirim ke konsumen beberapa waktu yang lalu setelah berhasil terpesan ribuan unit.

Lantas, apa kelebihan model ini? Salah satu yang paling terlihat jelas adalah ground clearance yang lebih tinggi dibanding mobilio –mobil yang sering disebut mirip dengan BR-V. Hal ini disebabkan karena penggunaan velg 17, sementara Mobilio, sebagaimana diketahui, menggunakan velg 15 inci.

Di balik kap, BR-V juga dijejali mesin yang sama dengan Mobilio, yaitu mesin bensin 1,5 liter i-VTEC. Mesin ini telah dikenal irit bahan bakar. Menurut laman Honda Jakarta, konsumsi bahan bakar Mobilio mencapai angka 23,9 km/liter.

Fitur keselamatannya pun terbilang lengkap. BR-V dijejali dengan fitur semisal Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Dual Front SRS Airbag, dan ISOFIX.

Untuk membuktikan ketangguhannya, beberapa waktu yang lalu, Honda Prospect Motor (HPM) mengajak beberapa awak media untuk melakukan test drive di Bali yang karakter jalannya sempir dan banyak tanjakan.

Toyota Rush

TOYOTA NEW RUSH

Toyota Rush adalah SUV yang dikembangkan bersama Daihatsu Terios. Bisa dibilang, Rush adalah versi Toyota-nya Terios.

Sama juga dengan Terios, New Toyota Rush TRD resmi diperkenalkan ke publik pada Maret 2015. Mengusung konsep `Stylish Urban Cruiser`, New Rush TRD diklaim lebih tangguh dan dinamis dari versi sebelumnya yang telah hadir pada 2013.

Sama seperti Terios, mobil ini masih dilengkapi mesin lama, yaitu mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1,5 liter yang hasilkan tenaga 107 Tk. Mesin mobil sebetulnya tidak berbeda jauh dengan MPV seperti Avanza dan Xenia.

Meski demikian, mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem Electronic Power Steering (EPS), sehingga kemudi relatif tidak terasa berat.

New Rush dilengkapi dengan New 16 Inci Alluminium Polish Alloy dengan desain yang lebih terkini. Perubahan juga terjadi pada headlamp, desain bumper, bentuk kap mesin hingga fender mirror yang bentuknya menjadi lebih aerodinamis. Campuran semua bentuk baru ini memang membuat tampilan New Rush lebih sporty.

Daihatsu Terios

Terios adalah salah satu SUV andalan Daihatsu yang pertama kali diperkenalkan di pasar Eropa pada 2006. Mobil ini, karena dibuat atas kolaborasi dengan Toyota, dibuat menggunakan basis Toyota RAV4 generasi kedua.

Perubahan terakhir pada model ini terjadi pada Maret 2015, setelah sebelumnya mendapat facelift pada Oktober 2010 dan Agustus 2015. Pada model ini, New Terios dijejali dengan pembaruan yang lebih sporty dan stylish.

Untuk membuktikan keandalannya, pada September 2015 lalu, Ahmad Ibo, salah satu awak Liputan6.com, berkesempatan untuk menjajal New Terios di Pulau Kalimantan.

“Kami pun tak kesulitan saat menaklukan tikungan demi tikungan meskipun mobil mengangkut beban tambahan di roof rack. Mesin 1.495 cc bertenaga 107 Tk pun cukup responsif. Ini membuat kami percaya diri saat menyalip kendaraan,” ujarnya.

Selain itu, suspensi pun dianggap nyaman. “Sepanjang perjalanan, kami harus melalui di jalur yang bergelombang. Tapi suspensi MacPherson Strut dengan per keong yang dilengkapi stablizer di bagian depan dan 5-link rigid-axle di belakang membuat mobil bisa meredam guncangan,” tambah Ibo.

Honda HR-V

HONDA HR-V

Satu lagi mobil yang cukup laris di segmen LMPV adalah Honda HR-V, model yang diperkenalkan pertama kali pada 2006. Sejak 2014 lalu, model ini telah memasuki generasi kedua dengan berbagai perubahan.

SUV ini dijual dalam dua varian mesin, mesin bensin 1,5 liter yang hasilkan tenaga 120 Tk dan torsi 145 Nm, serta mesin 1,8 liter bertenaga 140 Tk dan torsi 177 Nm.

Honda HR-V spesifikasi Amerika Serikat (AS) beberapa waktu yang lalu berhasil memenangkan penghargaan Green SUV of the Year di ajang Washington Auto Show. Mobil ini mengalahkan empat finalis lain seperti BMW X1 xDrive28i, Hyundai Tucson, Mazda CX-3, dan Toyota RAV4 Hybrid.

Februari tahun lalu, HR-V pernah diuji coba di Surabaya oleh awak media. Beberapa test driver mengaku mobil ini cukup responsif saat diajak di jalanan sepi atau saat memasuki kawasan padat, baik yang bermesin 1,5 liter ataupun 1,8 liter.

Dari sisi keselamatan, tipe ini telah memiliki fitur yang relatif lengkap, termasuk Dual Front SRS Airbags, Emergency Stop Signal, ABS+EBD+BA, Hill Start Assist, Motion Adaptive EPS + Vehicle Stability Assist, dan ISOFIX + Tether.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , , , .