gardan

Cara Berkendara yang Membuat Gardan Mobil Cepat Rusak

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Cara Berkendara yang Membuat Gardan Mobil Cepat Rusak | Tiap-tiap komponen yang ada pada kendaraan roda empat, tentunya punya fungsi penting. Salah satunya seperti gardan atau differential, yang berguna untuk membedakan putaran roda ketika berbelok, sehingga mencegah roda tidak selip.

Selain itu, fungsi utama gardan juga berperan penting untuk memperbesar momen dan mengubah arah putaran mesin ke roda.

Sepertidisampaikan Ichsan Ady Permana, Instructure Technical Training Center Astra Daihatsu Motor, kepada Otomania. Ichsan coba berbagi informasi mengenai penyebab yang bisa membuat komponen gardan cepat rusak.

“Jelas sekali komponen ini sangat penting, tanpa gardan, mobil bisa selip ketika berbelok. Gardan juga masih punya dua fungsi penting lain, di antaranya untuk meneruskan arah putaran mesin ke roda dan memperbesar momen, sehingga mobil bisa berjalan. Maka dari itu, perlu diperhatikan apa yang akan membuatnya cepat rusak, agar mobil bisa terus nyaman digunakan,” ujar Ichsan.

Pertama, sering melakukan akselerasi secara tiba-tiba, ketika mobil memiliki beban berat. “Kondisi tersebut tentu bisa membuat gardan cepat bermasalah, seperti rontok gigi-giginya,” tutur Ichsan.

Kedua, menurunkan gigi transmisi diposisi rpm tidak tepat, sehingga deselerasinya terlalu menyentak. “Cara berkendara seperti ini juga bisa membuat gardan cepat rontok,” ujar Ichsan.

Ketiga, gardan cepat mengalami kerusakan, bisanya ketika menggunakan mobil untuk kebutuhan traksi yang besar, seperti dalam olahraga off road.

Keempat, kurangnya perawatan dan seringkali gardan kekurangan oli. “Selain cara berkendara, perawatan yang tidak benar juga akan memberikan pengaruh atas kerusakan komponen gardan,” ucar Ichsan.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .