kualitas oli

Mengetahui Kesehatan Mobil Lewat Warna Oli

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Mengetahui Kesehatan Mobil Lewat Warna Oli | Kondisi fisik mobil tentu bisa kita lihat langsung, tapi tidak untuk keadaan mesinnya. Memang bisa juga didengar dari suara atau pun asap yang keluar. Tapi hal itu pun belum tentu bisa memastikan spesifik kondisi mesinnya. Kalau begitu, lihat saja kondisi mesin yang ada dengan melihat warna-warna oli yang muncul saat pergantiannya. Dengan ini tentu bisa dilihat juga, adakah kemungkinan kerusakan mesin terutama pada silinder kop.

Memang untuk mengetes oli ini sudah disediakan alat tertentu, sehingga sangat mudah ditunjukkan hasil yang valid. Tapi tentu saja Anda harus pergi ke bengkel untuk melakukannya. Alat untuk menguji oli ini disebut Silinder LeakageTester (SLT). Tapi, bagi Anda yang mungkin ingin berhemat, tentu ada cara lain yang lebih mudah yakni dengan melihat warna oli dari silinder kop. Ada kemungkinan 3 jenis warna yang akan muncul, coklat kekuning-kuningan, hitam dan putih pekat. Jika oli yang keluar berwarna coklat kekuning-kuningan, berarti mobil Anda baru menempuh jarak sekitar 1000-2000 km.

Dengan tipikal warna seperti ini, mobil masih bisa dikatakan sehat dan normal belum ada kerusakan. Kalau oli sudah berwarna hitam, ada dua kemungkinan yang terjadi pada mobil. Bisa saja mobil baru menempuh perjalanan yang amat jauh. Bisa juga, memang oli jarang diganti atau ada kemungkinan ada kerusakan mesin. Kalau menemukan hala ini, ada baiknya untuk mengecekkan mobil Anda ke bengkel. Terakhir, jika oli berwarna putih, berarti oli sudah bercampur dengan air. Kalau seperti ini, berarti ada kemungkinan ada yang tidak beres dengan mesin Anda. Segera periksakan mobil Anda ke bengkel jika tidak ingin mengeluarkan uang banyak untuk kerusakan yang lebih parah.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .