Low MPV

Perbandingan Fitur Avanza, Ertiga, Mobilio

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perbandingan Fitur Avanza, Ertiga, Mobilio |  Persaingan di kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia semakin ketat. Beberapa pabrikan mulai berlomba menghadirkan MPV terbaik dengan melengkapi fitur-fiturnya. Dengan harga yang bersaing, konsumen pasti lebih memilih mobil dengan fitur yang lebih lengkap. Wajar, mungkin beberapa konsumen menginginkan mobil dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih baik.

Apalagi, tiga pabrikan besar seperti Toyota, Daihatsu dan Suzuki telah memperbarui MPV andalannya. Toyota hadir dengan Grand New Veloz dan Grand New Avanza, Daihatsu dengan Great New Xenia serta Suzuki dengan New Ertiga. Tak hanya itu, Honda juga menghadirkan Mobilio.

Ketiga MPV yang bersaing ketat di pasar otomotif di Indonesia itu telah memiliki serangkaian perubahan di eksterior, interior hingga fitur-fiturnya. Ketiga MPV ini pun sudah mulai dijual.

Nah, kali ini detikOto ingin membandingkan kelengkapan fitur dari ketiga MPV tersebut. Tipe yang dipilih detikOto untuk dikomparasi adalah tipe tertinggi dari masing-masing MPV. Simak ulasannya yuk.

1. Toyota Grand New Veloz

 

Grand New Veloz

Grand New Veloz

detikOto memilih Grand New Veloz sebagai varian tertinggi. Berikut detikOto sajikan data fitur pada Grand New Veloz Type 1.5 Veloz A/T yang dibanderol Rp 226,9 juta. Untuk fitur keselamatan, Grand New Veloz memiliki seatbelt dengan pretensioner & force limiter. Fitur tersebut akan mencegah cedera fatal saat terjadi benturan keras. Grand New Veloz juga sudah dilengkapi dengan dual SRS airbag.

Selain itu, ada 3-points seat belt untuk penumpang baris kedua. Fitur itu menjadi perlindungan penuh untuk keselamatan tiga penumpang yang duduk di baris kedua. Ada juga fitur front passenger seat belt warning. Fitur tersebut akan mengingatkan penumpang depan untuk memakai sabuk pengaman, selain peringatan untuk pengemudi.

Untuk pengereman, Grand New Veloz kini memiliki fitur Antilock Braking System (ABS). Dengan fitur itu, saat pengereman keras roda tidak mengunci sehingga mobil bisa diarahkan untuk menghindari benturan. Fitur selanjutnya pada Grand New Veloz adalah Side Impact Beam. Fitur itu akan melindungi penumpang dan pengemudi dan penumpang dari benturan samping.

Kemudian ada ISOFIX. Fitur ini merupakan fitur keselamatan standar international untuk keamanan optimal pemasangan kursi bayi. Untuk fitur keamanan, Grand New Veloz hadir dengan Immobilizer Key. Hal itu merupakan salah satu sistem keamanan pada kunci mobil agar terhindar dari pencurian.

Sementara untuk fitur hiburan, Toyota menghadirkan Audio System dengan layar sentuh berukuran 6.1 inci. Sistem audio itu sudah bisa terhubung dengan CD, DVD, radio AM/FM, USB, AUX, Bluetooth & iPod. Di cluster meter sudah ada Eco Lamp Indicator. Dengan indikator itu, pengemudi bisa tahu cara berkendara yang efisien.

Grand New Veloz telah memiliki steering switch. Hal itu akan mempermudah mengatur audio. Ada juga Layar Multi Information Display (MID) yang memuat data-data komputer mengenai jarak jelajah, konsumsi BBM.

Kemudian ada juga sensor parkir di bagian belakang untuk membantu pengemudi menjaga jarak yang aman saat parkir. Untuk kenyamanan juga sudah ada AC Double Blower.

2. Toyota Grand New Avanza

 

Grand New Avanza

Grand New Avanza

Kini, kita beralih ke Toyota Grand New Avanza. Kali ini detikOto ingin mengulas Grand New Avanza tipe G. Tedapat tiga varian di Avanza tipe G yakni 1.3 G M/T, 1.3 G A/T dan 1.5 G M/T. Dilihat dari kelengkapan fitur, Grand New Avanza tipe 1.5 G M/T tampak lebih lengkap. Tapi, untuk tipe 1.5 G hanya tersedia dengan transmisi manual, tidak tersedia transmisi otomatis.

Untuk fitur keamanan, Grand New Avanza tipe 1.5 G dan 1.3 G tak jauh berbeda dengan Grand New Veloz. Mobil ini memiliki Immobilizer Key. Ini merupakan salah satu sistem keamanan pada kunci mobil.

Selanjutnya untuk fitur keselamatan ada ISOFIX. Sama halnya dengan Grand New Veloz, fitur ini merupakan fitur keselamatan standar international untuk keamanan optimal pemasangan kursi bayi. Lalu ada 3-point seat belt untuk penumpang baris kedua. Fitur itu menjadi perlindungan penuh untuk keselamatan tiga penumpang yang duduk di baris kedua.

Untuk fitur keselamatan, Grand New Avanza memiliki seatbelt dengan pretensioner & force limiter. Fitur tersebut akan mencegah cedera fatal saat terjadi benturan keras. Grand New Avanza juga sudah dilengkapi dengan dual SRS airbag.

Fitur selanjutnya pada Grand New Avanza adalah Side Impact Beam. Fitur itu akan melindungi penumpang dan pengemudi dan penumpang dari benturan samping. Kemudian, Avanza kini sudah memiliki ABS. Dengan fitur itu, saat pengereman keras roda tidak mengunci sehingga mobil bisa diarahkan untuk menghindari benturan.

Ada juga fitur front passenger seat belt warning. Fitur tersebut akan mengingatkan penumpang depan untuk memakai sabuk pengaman, selain peringatan untuk pengemudi.

Sementara untuk fitur hiburan, Toyota menghadirkan Audio System dengan layar sentuh berukuran 6.1 inci khusus untuk tipe 1.5 G. Sistem audio itu sudah bisa terhubung dengan CD, DVD, radio AM/FM, USB, AUX, Bluetooth & iPod. Namun, Grand New Avanza tipe 1.3 G masih menggunakan sistem audio 2 DIN CD, radio AM/FM, USB, AUX, Bluetooth, dan iPod.

Di cluster meter sudah ada Eco Lamp Indicator. Dengan indikator itu, pengemudi bisa tahu cara berkendara yang efisien. Untuk kenyamanan juga sudah ada AC Double Blower. Tapi, Grand New Avanza tidak memiliki steering switch seperti pada Veloz yang akan mempermudah mengatur audio.

3. Suzuki New Ertiga

Suzuki New Ertiga

Suzuki New Ertiga

Setelah membahas si kembar Avanza-Xenia, kita beralih ke MPV dari Suzuki yakni New Ertiga. detikOto memilih New Ertiga tipe GX AT yang dibanderol Rp 216,5 juta. Mobil ini sudah memiliki airbag untuk penumpang depan dan pengemudi pada dashboard dan setirnya. Jadi, penumpang dan pengemudi akan aman saat terjadi kecelakaan.

Sama seperti Avanza, Veloz dan Xenia, Suzuki New Ertiga dilengkapi dengan Side Impact Beam sebagai standar dari fitur keselamatan pada mobil itu. Jadi saat terjadi kecelakaan penumpang tetap dapat keluar karena pintu tidak terjepit.

Suzuki melengkapi New Ertiga dengan sabuk pengaman untuk seluruh penumpang di 7 kursi yang ada. New Ertiga dilengkapi juga dengan Child Proof Rear Door Locks pada pintu belakang mobil. Tak ketinggalan fitur keamanan pada mobil ini seperti Sistem Keyless Entry dan Sistem Immobilizer. Mobil tidak dapat dinyalakan tanpa kunci asli.

Suzuki Ertiga dilengkapi dengan parking sensor. Jadi, saat memarkir kendaraan ada bunyi peringatan jika mobil sudah mendekati objek lainnya. Suzuki juga melengkapi Ertiga dengan Auto Up Window Driver Side With Safety Sensor.

Sistem audionya, Suzuki Ertiga memiliki audio 2 din yang terintegrasi dengan CD, USB, Radio AM/FM. Di setirnya juga sudah ada switch control yang memudahkan pengemudi untuk mengatur volume suara dan channel audio sambil tetap konsentrasi ke jalan.

Untuk kenyamanan, sudah ada AC Double Blower. Di bagian belakang console box pada baris kedua juga sudah ada Accessories Socket. Ertiga bisa menyajikan beragam informasi melalui Multi Information Display (MID). Informasi mengenai konsumsi rata-rata BBM, jarak tempuh kendaraan, suhu luar kabin, jam dan posisi gear tersedia pada layar MID. Di Ertiga juga terdapat cup holder di penumpang depan.

4. Honda Mobilio

Honda Mobilio

Terakhir, detikOto ingin membahas MPV dari Honda yakni Mobilio. Mobil yang dibahas kali ini adalah Mobilio RS yang dibanderol mulai Rp 220 juta. Mobilio RS memiliki dual SRS airbag di bagian depan. Mobilio RS hadir dengan rangka bodi G-CON + ACE yang diklaim lebih aman.

Ada juga fitur Side Impact Beam pada bodi mobil ini. Salah satu kelebihan Mobilio RS adalah adanya Pedestrian Protection. Mobilio juga memiliki Pretensioner with Load Limiter Seatbelt. Mobilio telah memiliki ABS dan EBD untuk sistem pengeremannya.

Untuk sistem keamanan, Mobilio memiliki Immobilizer dan Alarm System. Hal itu merupakan perlindungan dari pencurian. Selain itu, Honda melengkapi Mobilio RS dengan rear parking camera. Fitur itu berfungsi untuk memberikan visibilitas belakang secara penuh pada layar sentuh saat berjalan mundur.

Untuk sistem hiburan, Mobilio memiliki sistem audio/video dengan layar sentuh 6.1 inci. Sistem audio itu bisa terhubung dengan Radio AM/FM, CD,DVD, iPod, iPhone, USB, dan AUX. Audio bisa dioperasikan melalui setir karena sudah ada audio steering switch. Hal itu memberikan kemudahan mengatur audio selama perjalanan tanpa melepas tangan dari setir.

Sumber

 

Posted in Komparasi and tagged , , , .