suzuki-sx4-s-cross-vs-honda-hr-v

Perbandingan Lengkap Suzuki SX4 S Cross VS Honda HR-V

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perbandingan Lengkap Suzuki SX4 S Cross VS Honda HR-V | Honda HR-V akhirnya menemukan lawan seimbang dalam sosok Suzuki SX-4 S-Cross. Yup, Suzuki SX-4 memang sangat berubah jika dibandingkan dengan pendahulunya. Crossover Suzuki ini berubah menjadi sangat menarik setelah diluncurkan di GIIAS 2016.

Nah, inilah yang menyebabkan kami mempertemukan keduanya pada perbandingan kali ini. Suzuki SX-4 S Cross AT 6 percepatan melawan Honda HR-V 1,5 liter S CVT. Dilihat dari harganya, Honda HR-V 1,5 liter S CVT dibanderol Rp 278.400.000 sementara Suzuki SX-44 S Cross dijual Rp 259,9 juta.

Pertarungan keduanya dimulai dari dari dimensi. Suzuki SX-4 S-Cross berubah lebih panjang dari generasi sebelumnya, bahkan kini lebih panjang dari Honda HR-V. Ini jelas akan berkontribusi pada luas kabin, termasuk ruang kaki.

Namun, Suzuki SX-4 S-Cross kalah lebar dibandingkan dengan Honda HR-V (1.765 mm berbanding 1.772 mm). Sementara untuk urusan tinggi, Suzuki SX-4 S-Cross ini juga lebih tinggi dari Honda HR-V. Penambahan dimensi, berimbas pada luas kabin Suzuki SX-4 S-Cross. Volume bagasinya juga melonjak mencapai 430 liter.

Dimensi Suzuki SX-4 S-Cross Honda HR-V
Panjang 4.300 mm 4.294 mm
Lebar 1.765 mm 1.772 mm
Tinggi 1.590 mm 1.580 mm
Jarak sumbu roda 2.600 mm 2.610 mm

Mesin SX4 S Cross VS HR-V

Beralih ke mesin. Kapasitas mesin Suzuki SX-4 S-Cross kalah besar dari Honda HR-V. Ini berdampak pula dari besaran tenaga puncak, dan torsi yang dihasilkannya. Honda HR-V berhasil mengeluarkan tenaga 118 hp denga torsi mencapai 145 Nm. Sementara Suzuki menghasilkan tenaga 107 hp dengan torsi maksimal 138 Nm.

Di sektor dapur pacu, tidak ada yang bisa mengalahkan Honda di segmennya. Inilah yang menjadi ciri khas mesin-mesin Honda untuk pasar Indonesia. Tenaga dan torsi dari mesin mereka selalu yang terbesar.

Suzuki memasang mesin M15A berkapasitas 1,5 liter. M15A ini menjadi pilihan yang bijak, karena menghasilkan tenaga yang cukup. Hanya saja perpaduan dengan transmisi otomatis 6-speed ini kami rasa kurang responsif, begitu pedal akselerator ditekan masih terasa ada jeda dengan respon mobil. Tapi untuk perjalanan di dalam kota paduan keduanya masih kami anggap cukup. Terbukti hasil konsumsi bahan bakarnya pun relatif irit 11,59 kpl. Suzuki SX-4 S-Cross pun sudah dilengkapi dengan cruise control.

HR-V berbobot 1.226 kg dibekali dengan mesin 1.5L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 120 hp dan torsi 145 Nm. Artinya, HR-V E CVT memiliki rasio tenaga – bobot sebesar 97,87 hp per ton dan rasio torsi – bobot 118,27 Nm per ton. Saat mencapai angka 120 kpj, putaran mesin menunjukkan angka 2.500 rpm saja.

Fitur cruise control memegang peranan penting saat melakukan perjalanan keluar kota, Anda dapat mempertahankan kecepatan ideal sehingga membantu untuk menghemat bahan bakar. Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pun cukup memuaskan, dengan konsumsi dalam kota 10,15 kpl dan luar kota 14,73 kpl.

Kemampuan akselerasi yang dimiliki cukup memuaskan dengan angka 12,1 detik untuk mencapai 100 kpj. Jika dibandingkan, akselerasi S-Cross ini cukup lambat (0-100 kpj) ditempuh dalam waktu 13,4 detik. Terpaut satu detik saja dari Honda HR-V. Tidak buruk, namun tidak cukup cepat.

Mesin Suzuki SX-4 S-Cross Honda HR-V
Kapasitas 1.491 cc 1.497 cc
Tenaga/Torsi 107 hp / 138 Nm 118 hp / 145 Nm
Transmisi AT 6 Percepatan CVT

Eksterior Sx4 S cross VS HR-V

Eksterior Suzuki SX-4 S-Cross boleh jadi baru, namun jika dibandingkan dengan Honda HR-V, maka akan sangat jelas perbedaan estetika. Bagi kami, desain Honda HR-V lebih menarik dari SX-4 S-Cross, meskipun jagoan Suzuki ini tidak bisa disebut jelek.

EKSTERIOR SUZUKI SX4 S CROSS

EKSTERIOR SUZUKI SX4 S CROSS

Lampu depan Suzuki SX-4 S-Cross sudah dilengkapi dengan proyektor HID, begitu juga dengan tambahan aksen chrome di grille dan fog lamp. Hanya saja bentuk fascia depannya ini kurang bisa menarik hati calon konsumen. Begitu juga di bagian buritan, lampu belakang tanpa LED dengan desain yang lagi-lagi kurang memikat.

Eksterior Honda HR-V

EKSTERIOR HONDA HR-V

Di sisi lain, Honda HR-V terlihat sebagai kendaraan yang tangguh layaknya SUV dengan garis desain ala coupe. Generasi terbaru HR-V tampil sangat berbeda dibandingkan generasi pertamanya. Desain wajah HR-V terbaru sudah mengadopsi filosofi “Solid Wing Face”, sehingga grille dan lampu terlihat menyatu dan memberikan kesan maskulin. Bagian belakang mendapatkan sentuhan sederhana yang mengingatkan pada kendaraan hatchback. Ground clearance setinggi 185 mm cukup meyakinkan untuk melibas jalanan rusak di perkotaan maupun pedesaan.

Interior SX4 S cross Vs HR-V

Kabin Suzuki SX-4 S-Cross seperti terlalu kuno, meskipun layar hiburannya sudah cukup canggih dengan layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung koneksi Bluetooth, USB dan AUX. Tetap saja berada di dalam kabinnya, terasa seperti bukan sebuah mobil generasi baru.

INTERIOR SX4 S CROSS

INTERIOR SX4 S CROSS

Suzuki menyiasatinya dengan melengkapi SX4 terbaru ini dengan berbagai macam fitur dan teknologi yang memudahkan pengemudi. Mulai dari cruise control, paddle shift, auto rain-sensing wiper, dan auto headlamps, kemudian juga keyless entry dan start/stop button untuk menyalakan mesin.

Berbeda dengan SX-4 S-Cross. Interior Honda HR-V seperti sebuah coupe.Dasbornya memiliki desain yang minimalis namun futuristik. HR-V menawarkan posisi duduk pengemudi layaknya sebuah mobil coupe. Jika Anda kurang suka dengan posisi duduk yang rendah, Anda bisa mengubah ketinggian kursi serta mengatur lingkar kemudi yang sudah menganut pengaturan tilt & teleskopik.

INTERIOR HONDA HR-V

INTERIOR HONDA HR-V

Sistem hiburan menggunakan layar sentuh berukuran 6,1 inci, dengan fitur Radio AM/FM, CD/DVD Player, MP3/ WMA, USB, Aux dan konektivitas dengan perangkat Apple. Namun, sayangnya untuk tipe ini belum dillengkapi dengan kamera mundur maupun sensor parkir. Tapi Anda tidak perlu khawatir jika ingin menambahkan aksesoris kamera mundur, karena sistem hiburan ini sudah mendukung aksesoris tersebut.

Kesimpulan

Suzuki SX-4 S-Cross dijual dengan harga kompetitif, yaitu Rp 259 juta untuk tipe otomatis. Sementara Honda HR-V 1,5 liter S CVT (Rp 278.400.000). Kesimpulan kami, Suzuki SX-4 S-Cross sedikit tertinggal dari Honda HR-V. SX-4 S-Cross hanya perlu memberi kesegaran di interior dan eksterior, serta percikan kekuatan ekstra dari mesinnya.

Tetapi jika Anda tidak mempersoalkan tampilan eksterior dan interiornya, dan menikmati tawaran fasilitas fitur-fitur yang tidak kalah banyak dari HR-V, maka Suzuki SX-4 S-Cross pantas menjadi pilihan untuk Anda dan keluarga, sekaligus lawan sepadan bagi Honda HR-V.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , , , , , , , .