55000425a81bb7e76c8b4567

Cara Menggunakan Cairan Pembersih untuk Mesin Mobil

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Cara Menggunakan Cairan Pembersih untuk Mesin Mobil | Bro-Sis tak harus bongkar-membongkar ketika ingin membersihkan mesin mobil, baik itu bagian luar ataupun dalam. Cukup dengan cairan pembersih, semua bisa beres. Meskipun mudah untuk dikerjakan, tapi jika sampai salah pemakaiannya bisa berakibat fatal.

Pasalnya, di gerai aksesoris ditawarkan beragam cairan pembersih dengan memakai nama “engine”. Ada “Engine Conditioner”, “Engine Degreaser”, dan “Engine Flush”, masing-masing punya formula dan tugas yang berbeda.

Meski berkutat seputar mesin, formula kimianya dirancang untuk keperluan berbeda dan punya spesifikasi   khusus. Jadi, kita harus paham kegunaannya, sampai salah bisa runyam. Nah, agar tidak keliru pemakaiannya, inilah bedanya dari ketiga cairan pembersih mesin.

Engine Conditioner

Cairan berbahan solvent dalam bentuk foam atau busa untuk membersihkan ruang bakar dengan cara disemprotkan ke ruang bakar melalui lubang busi (busi dilepas). Suhu mesin, sebaiknya dalam kondisi hangat dan kotoran (kandungan kerak dan karbon) yang menempel di kepala piston dan valve akan terkikis dan dibuang melalui knalpot.
“Dengan suhu mesin hangat akan cepat membantu cairan menguap. Selain itu, pada saat panas, kerak karbon akan lebih mudah larut,”

Engine Degreaser

Bahan sama solvent, hanya lebih keras karena bertugas membersihkan kotoran atau daki di luar mesin. Dikemasnya sama dengan engine conditioner dalam tabung aerosol.
Cara memperlakukannya, mesin harus dalam kondisi hangat dan semprotkan di bagian yang kotor. Formulasi unik dari engine degreaser ini akan mengikat dab melarutkan kotoran yang membandel. Setelah itu dibilas dengan air dengan menggunakan selang.

Engine Flush

Berupa deterjen khusus yang mampu membersihkan kotoran di dalam karter mesin dan jalur oli. Caranya, dimasukkan ke dalam mesin melalui lubang oli, lalu mesin dihidupkan selama 15 menit. Setelah itu, dibuang melalui pembuangan oli.
Melakukan flushing mesin saat akan ganti oli. Kandungan enfine flush mengencarkan oli agar cepat turun ke karter. Dengan kandungan yang kuat, engine flush juga membantu membersihkan sludge dan karbon di ring piston.

Bro-Sis bisa membayangkan, jika sampai salah penggunaannya, misalnya engine degreaser dimasukkan ke dalam mesin.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .