halogen

Yang Membedakan Lampu Halogen, HID dan LED

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Yang Membedakan Lampu Halogen, HID dan LED | Bagi pecinta otomotif yang sudah lama sejak tahun 90 an tentu sangat mengenal lampu Halogen yaitu lampu yang menayala terang dengan jarak yang jauh tapi kekurangan dari lampu halogen ini bisa menguras aki kendaraan, Pada jamannya lampu halogen ini digunakan pada mobil offroad atau jenis mobil SUV. Seiring dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi penerangan yang ada pada kendaraan bermoto seakin berkembang. Saat ini sudah dikembangkan lampu berjenis HID dan LED yang mempunyai keunggulan maisng-maisng seperti lampu HID yang menyala terang dan lampu LED yang hemat energi. Berikut perbedaan antara lampu berjenis Halogen, HID dan LED :

1. Lampu Halogen

Lampu ini merupakan lampu pijar biasa tapi mempunyai sifat filamen tungten yang dibungkus dengan kaca dan dimaksukkan gas (nitrogen, agron atau crypon), Listrik yang akan masuk ke bohlamp ini akan memanaskan filamen sehingga menimbulkan sinar atau cahaya yang kemudian akan diperkuat oleh gas yang ada dalam bohlamp lampu halogen tersebut. Lampu Halogen ini termasuk lampu yang intesitas cahayanya cukup kuat sehingga banyak dipakai untuk mobil jenis adventure. Tetapi lampu ini mempunyai kelemahan seperti lampu cepat panas sehingga rumah lampu akan cepat buram, dan lampu ini juga sangat boros sehingga menguras aki kendaraan kesayangan anda sehingga cepat drop. Kelebihan yang dimiliki oleh lampu halogen yaitu harganya yang murah dan tersedia banyak dipasaran.

2. Lampu HID

Lampu HID (High density Dischanger) ini terbuat dari bahan campuran gas dan logam langka ynag akan menghasilkan nyala berkarakter seperti sinar matahari yaitu bewarna putih terang, lampu ini saat ini sedang marak digunakan untuk headlamp atau foglamp. Silau yang sangat terang dari lampu ini malah sering menyebabkan pengendara lain terganggu sehingga penggunaannya cukup berbahaya, dinegara Eropa dan Australia penggunaan lampu HID yang menyilaukan dianggap melanggar hukum lalu lintas. Dan di Indonesia juga dirumorkan penggunaan lampu HID yang terang akan dikenakan sanksi juga, jadi pengguna harus lebih bijak saat mengguakan lampu jenis ini. Lampu ini akan menghasilkan terang yang optimal saat dinyalakan kira-kira 15 detik. Kelebihan yang dimiliki oleh lampu HID diantaranya lampu yang dihasilkan sangat terang dan karakter cahaya yang dihasilkan bagus, tidak menghasilkan panas yang berlebihan seperti lampu halogen, hemat listrik. tapi juga terdapat kekurangan yaitu harganya yang mahal, kketersediaan dan varian sedikit.

3. Lampu LED

Lampu jenis ini banyak digunakan pada senter saat ini yang menghasilkan warna putih dan sangat awet dan tidak mudah putus, lampu LED ini juga banyak digunakan sebagai penerangan peralatan elektronik seperti komputer, sistem audio, panel kontrol pada mobil atau pada bagian dalam mobil (kabin). Dan saat ini banyak sekali kendaraan roda dua maupun roda empat yang menggunakan lampu jenis LED ini sebagai lampu utama. kelebihan yang dimiliki oleh lampu LED ini adalah : tentu saja hemat energi sehingga tidak membuat aki cepat habis, tahan lama tidak mudah putus atau rusak, banyak variasi.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .