Jenis Lampu HID

Kelebihan Lampu HID Dibandingkan Halogen

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Kelebihan Lampu HID Dibandingkan Halogen | Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan teknologi terus mengalami peningkatan yang sangat pesat dan bahkan kini sudah mulai merambah hingga dunia otomotif. Tidak mengherankan jika kita sering sekali menjumpai kendaraan khususnya mobil-mobil baru sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang pastinya dirancang khusus untuk semakin mempermudah dan menambah kenyamanan pemiliknya.

Salah satu komponen mobil yang turut mengalami pembaruan akibat teknologi adalah bagian pencahayaan atau lampu. Jika dulu kita masih mengenal penggunaan lampu pijar atau halogen maka di era modern ini sudah banyak yang beralih dengan menggunakan lampu berjenis HID atau biasa disebut dengan Xenon. Hanya saja dari segi harga lampu baru ini dibanderol lebih tinggi sehingga kurang banyak masyarakat Indonesia yang mengenalnya.

Selain itu banyak pula yang beranggapan bahwa lampu HID bisa mengakibatkan mika kaca menjadi kusam akibat terlalu panas. Di pasaran sendiri lampu HID memiliki banyak tipe mulai dari H1, H3, H4, H7, H8, H11, HB3 dan HB4. Sedangkan yang ada di Indonesia kebanyakan adalah model H4 yang memiliki fungsi mengatur lampu jauh dan dekat ditentukan oleh magnet di dalamnya.

Banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan lampu HID, salah satunya adalah temperatur dari suhu lampu ini sangatlah rendah sehingga kualitas cahayanya pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan Halogen. Cukup memakai lampu HID dengan daya 35 watt saja hasilnya sudah sangat jernih dan bahkan hampir 3 kali lipat dari cahaya yang dimiliki oleh Halogen.

Keunggulan Lampu HID

 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh lampu HID ini adalah mampu menghasilkan penerangan hingga 180 meter, jauh lebih baik jika dibandingkan dengan milik lampu Halogen yang hanya bisa memancarkan sampai jarak 100 meter saja. Dengan demikian faktor keselamatan pun juga semakin penting sekaligus menghindari terjadinya kecelakaan saat mengemudi di tempat yang minim penerangan jalan.

Memang secara harga lampu HID jauh lebih mahal karena bisa mencapai jutaan rupiah, sedangkan harga dari lampu Halogen hanya sekitar puluhan sampai ratusan ribu saja. Meskipun demikian secara kualitas dan juga daya tahan lampu HID jauh lebih baik serta tidak mudah putus, bahkan penggunaannya pun bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lampu HID dibandingkan dengan lampu Halogen adalah konsumsi energi jauh lebih hemat sehingga tidak terlalu membebani aki. Keunggulan lainnya yaitu hasil cahaya atau sinar yang dimiliki oleh HID tiga kali lipat lebih baik, sebagai contoh adalah apabila anda memasang HID 35 watt pada kendaraan anda maka pencahayaannya sama dengan 100 watt miliki Halogen.

Selain itu warna cahaya yang dihasilkan oleh lampu Halogen jauh lebih jernih dengan jarak pandang lebih jauh. Bahkan usia dari lampu HID atau Xenon lebih panjang hingga 2.000 jam. Hal itu dikarenakan lampu jenis ini tidak menggunakan filament yang dikenal gampang sekali putus. Anggapan masyarakat bahwa lampu HID memiliki suhu yang lebih panas adalah salah besar karena faktanya HID justru mempunyai daya 1/3 jauh lebih ringan dibandingkan dengan lampu Halogen.

Demi keselamatan dan keamanan berkendara memang sangat disarankan sekali untuk menggunakan lampu berjenis HID atau Xenon, namun semua juga tergantung dari konsumen masing-masing apakah lebih memilih lampu yang memiliki kualitas dan teknologi tinggi dengan harga cukup mahal atau membeli lampu dengan harga jauh lebih murah namun cepat rusak atau putus serta membuat aki tekor. Baca Juga, Kelebihan Kekurangan Menggunakan Lampu LED Pada Motor, Fungsi Utama Lampu Kabut Pada Mobil dan Tips Memilih Lampu LED Motor Berkualitas.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , .