Posisi-Mengemudi-Yang-Benar

Posisi Aman Tangan Pengemudi Agar Terhindar Dari Ledakan Airbag

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Posisi Aman Tangan Pengemudi Agar Terhindar Dari Ledakan Airbag | Saat ini, demi mengutamakan faktor keamanan pada saat berkendara, hampir semua produsen mobil telah melengkapi produknya dengan airbag. Para pabrikan kendaraan roda empat tersebut telah menyusupi kantung udara di beberapa bagian mobil. Diantaranya di lingkar kemudi dan sisi kiri dashboard untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan saat terjadi tabrakan.

Maraknya fasilitas kantung udara yang dipasang pada setir, membuat pengemudi harus meletakkan tangan pada posisi yang benar. Agar saat terjadi kecelakaan tidak akan menghambat ledakan airbag.

Menurut Agustianto, Instruktur Safety Driving yang ditemui saat memberikan coaching clinic smart drive bersama Toyota di SMA Negeri 54 Jakarta Timur, mengatakan bahwa awalnya posisi tangan pada lingkar kemudi berada sama dengan angka pada jarum jam, yaitu tangan kiri di posisi jam 10, dan tangan kanan di jam 2.

 posisi tangan

“Itu dulu. Karena sekarang banyak mobil yang menggunakan airbag, maka posisi yang dibenarkan ada pada posisi jam 9 dan jam 3,” tegas Agustianto.

Masih menurut lelaki yang juga seorang jurnalis dan offroader ini menegaskan, jika posisi tangan ada pada jam 10 dan jam 2, ketika terjadi ledakan, otomatis tangan akan terdorong dan menampar bagian wajah atau dada pengemudi.

 

“Agar posisi mengemudi lebih sempurna, maka, alangkah baiknya pengemudi meletakkan tangan kiri di posisi jam 9, dan tangan kanan ada pada posisi jam 3,” wanti Agustianto.

Untuk mendapatkan posisi berkendara yang sempurna, aman dan nyaman, posisi kedua tangan yang benar pada setir didukung pula dengan posisi duduk yang baik dan sempurna.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .