kerak mesin

Cara Membersihkan Kerak di Mesin Mobil

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Cara Membersihkan Kerak di Mesin Mobil | Mesin mobil dalam proses kerjanya melakukan proses pembakaran. Dan seiring berjalannya waktu, ruang bakar tersebut akan menjadi kotor akibat kerak sisa pembakaran karena kualitas bahan bakar yang kurang baik atau pembakaran yang kurang sempurna. Tak hanya itu, kerak pada ruang bakar mesin mobil juga bisa disebabkan karena debu yang masuk ke ruang bakar sehingga mengendap dan menyebabkan ruang bakar menjadi kotor.

Meski tidak terlihat, namun jika tidak dibiarkan maka hal ini akan berpengaruh pada performa mesin menjadit tidak responsi, mesin menjadi gelitik atau knocking, serta konsumsi BBM yang semakin boros. Jika hal tersebut mulai terasa pada mobil anda, ada baiknya untuk mulai membersihkan kerak mesin mobil dengan segera. Ada beberapa cara untuk membersihkan kerak mesin tersebut. Berikut beberapa diantaranya yang cukup mudah dikerjakan.

Ada banyak produk pembersih ruang bakar mesin mobil yang dapat diperoleh di pasaran seperti Carbjet atau DCS. Dengan produk tersebut, maka kotoran yang ada pada ruang bakar seperti kerak mesin tersebut akan melunak dan luntur baru kemudian keluar dengan sendirinya.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Cukup dengan menyalakan mesin mobil selama beberapa waktu, lalu injak pedal gas dan tahan putaran mesin di angka kisaran 4000 hingga 5000 rpm selama beberapa menit. Setelah itu, anda akan melihat kotoran karbon mulai keluar dari knalpot dan ruang bakar mobil anda menjadi lebih bersih dari sebelumnya.

Menggunakan Injector Cleaner
Cara kedua bisa dengan menggunakan cairan Injector Cleaner yang dimasukkan ke dalam tangki bensin. Cairan injector cleaner ini selanjutnya akan mengikuti alur proses pembakaran BBM dan memebrsihkan kotoran yang tertinggal di injector, klep dan juga ruang bakar. Setelah itu, kotoran-kotoran tersebut akan terbuang melalui saluran gas buang.

Servis Carbon Clean
Cara ini biasanya disediakan jasa penggunaannya di bengkel-bengkel mobil karena membutuhkan alat khusus. Montir bengkel nantinya akan menggunakan cairan khusus yang dimasukkan melalui lubang busi dengan alat khusus untuk proses carbon cleaner ini. Setelah beberapa waktu, cairan tersebut akan disedot kembali dengan alat tersebut. Cairan yang disedot itulah yang kemudian akan membawa kotoran-kotoran yang ada di dalam ruang bakar mesin. Proses pembersihan carbon cleaner ini biasanya ditawarkan dengan paket tune up atau servis filter bensin dan filter udara.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .